in

Review Sinopsis Ghost (1990), Film Kisah Cinta Dua Dunia

Romansa Supranatural tentang Hantu yang Melindungi Kekasihnya

Review Sinopsis Ghost 1990. Apa yang akan kamu lakukan saat kamu menemukan dirimu telah berubah menjadi hantu?

Bagi Sam Wheat, keinginan terakhirnya di dunia adalah untuk melindungi kekasihnya, Molly dari bahaya. Romansa supranatural tentang kisah cinta seorang hantu ini diceritakan dalam sebuah film berjudul Ghost yang dirilis pad 21 Juni 1991.

Ghost disutradarai oleh Jerry Zucker, dengan naskah yang ditulis oleh Bruce Joel Robin. Film ini dibintangi oleh Patrick Swayze yang berperan sebagai Sam Wheat, Demi Moore sebagai Molly Jensen, Whoopi Goldberg sebagai Oda Mae Brown, Tony Goldwyn sebagai Carl Bruner, Rick Aviles sebagai Willie Lopez, dan Vincent Schiavelli sebagai Hantu Stasiun. Nah trus gimana dengan alur ceritanya? Berikut sinopsis Ghost selengkapnya.

baca: Review Sinopsis Film It Chapter 2, Kembalinya Teror Badut Mengerikan Pennywise

Sinopsis Film Ghost

Film Ghost mengikuti kisah sepasang kekasih Sam Wheat dan Molly Jensen yang tinggal di Manhattan, New York. Sam bekerja sebagai bankir, sementara Molly adalah seorang seniman pembuat gerabah.

Pasangan kekasih ini baru saja pindah ke sebuah apartemen di kota mereka. Dengan bantuan salah satu teman sekaligus rekan kerja Sam yang bernama Carl Bruner, keduanya juga melakukan sejumlah renovasi pada ruang apartemen itu.

Suatu hari, di tempat kerja Sam, ia menemukan data keuangan yang mencurigakan. Data itu memperlihatkan jumlah uang sangat besar yang tersimpan dalam beberapa akun bank yang misterius.

Sam memberitahukan hal ini pada Carl. Saat Carl menawarkan diri untuk membantu Sam melakukan investigasi lebih lanjut terhadap permasalahan tersebut, Sam menolaknya. Ia mengatakan pada Carl bahwa ia berencana untuk melakukan penyelidikan terhadap temuannya ini seorang diri.

Pada malam harinya, Sam pergi keluar dengan Molly. Saat akan pulang, keduanya tiba-tiba dihadang oleh seorang tak dikenal yang ternyata adalah perampok.

Perampok itu menyerang Sam dan keduanya sempat berkelahi sebelum akhirnya perampok itu menembak mati Sam. Sam pun terbunuh saat itu juga di tempat kejadian perkara. Sebelum melarikan diri, perampok itu sempat mengambil dompet milik Sam.

Molly memegang jasad Sam yang berlumuran darah. Ia berteriak meminta pertolongan dan menangis dengan pilu.

Sementara itu, Sam yang kini telah meninggal mendapati dirinya telah berubah menjadi hantu. Ia bisa melihat Molly yang memegang dan menangisi jasadnya.

Meski begitu, tubuh Sam telah berubah menjadi transparan dan tak bisa dilihat oleh orang lain. Ia tak bisa menyentuh benda padat dan tak bisa lagi berkomunikasi dengan orang yang masih hidup.

Setelah kematian Sam, Molly masih terus berduka. Ia selalu terlihat murung karena merindukan kehadiran Sam di sisinya.

Padahal, tanpa diketahui oleh Molly, Sam sebenarnya masih mengikuti Molly. Sam, yang kini berwujud hantu, masih menjaga dan mengawasi Molly di apartemennya. Sam merasa sedih karena ia bisa melihat Molly, tetapi kekasihnya itu tak dapat melihatnya.

baca: Review Sinopsis Film Diary of a Wimpy Kid (2010), Susahnya Beranjak Remaja

Beberapa hari kemudian, Carl datang mengunjungi Molly di apartemennya. Ia berusaha menghibur dan menenangkan Molly yang masih merasa berduka. Carl lalu mengajak Molly untuk keluar berjalan-jalan dengan Carl sebentar.

Review Sinopsis Ghost

Sementara itu, Sam terkunci dalam apartemen dan tak bisa mengikuti Carl dan Molly yang pergi keluar. Tak lama berselang setelah kepergian Carl dan Molly, perampok yang beberapa malam lalu membunuh Sam lalu secara mengejutkan masuk dan menyusup ke dalam ruang apartemen itu.

Melihat ini, Sam segera menjadi siaga. Perampok itu nampaknya sedang berusaha mencari suatu benda secara khusus.

Saat Molly telah kembali ke apartemen itu, Sam berusaha mencegah agar Molly tak perlu berhadapan dengan si perampok. Sam lalu menakuti kucing miliknya dan Molly yang bisa merasakan kehadiran Sam. Kucing yang panik itu pun lalu menyerang si perampok yang akhirnya memutuskan untuk kabur.

Review Sinopsis Ghost

Sam mengikuti si perampok itu pulang ke apartemennya sendiri. Di situ, Sam akhirnya mengetahui bahwa nama pria perampok yang membunuhnya itu adalah Willie. Selain itu, Sam juga mengetahui bahwa Willie ternyata hanyalah penjahat bayaran yang menjalankan perintah dari orang lain.

Dalam perjalanan pulang dari apartemen Willie, Sam menemukan sebuah kantor yang menawarkan jasa seorang paranormal bernama Oda Mae Brown. Oda Mae adalah seorang wanita yang berpura-pura mengaku memiliki kemampuan supranatural untuk berkomunikasi dengan arwah orang mati.

Para pelanggan yang mempercayai tipuannya membayar jasa Oda Mae sebagai perantara. Para pelanggannya ini berharap Oda Mae bisa menyampaikan pesan pada orang terdekat mereka yang telah meninggal.

Tetapi, saat Sam mendatangi kantornya, entah bagaimana Oda Mae dapat berkomunikasi dengan Sam. Pada saat itu, Oda Mae menyadari bahwa ia ternyata betul-betul memiliki kemampuan tersembunyi untuk berbicara dengan arwah.

Review Sinopsis Ghost

Sam lalu menceritakan pada Oda Mae tentang kisahnya. Sam berpikir bahwa Molly sedang berada dalam bahaya. Ia ingin agar Oda Mae membantunya untuk memperingatkan Molly mengenai hal ini.

Meski keberatan, Oda Mae yang sebenarnya baik hati itu akhirnya setuju untuk menolong Sam. Ia lalu pergi ke apartemen Molly dan memberitahu Molly semua yang telah dikatakan oleh Sam.

Awalnya, Molly sama sekali tidak percaya dengan ucapan Oda Mae. Tetapi, Oda Mae lalu mulai mengungkapkan berbagai hal yang hanya diketahui oleh Sam dan Molly.

Review Sinopsis Ghost

Molly akhirnya mencoba untuk mempercayai Oda Mae. Ia memberitahu identitas dan alamat Willie yang telah didapatkannya dari Oda Mae pada Carl. Carl mengatakan bahwa ia akan membantu Molly untuk mencaritahu lebih banyak tentang Willie.

Molly juga lalu memutuskan untuk pergi ke polisi dan melaporkan hal ini. Namun, sesampainya di kantor polisi, petugas yang ada di sana mengatakan bahwa mereka tidak memiliki catatan terkait pria bernama Willie. Polisi itu justru mengatakan bahwa Oda Mae, di sisi lain, pernah terlibat dalam sejumlah kasus penipuan.

Di sisi lain, Sam masih meneruskan penyelidikannya pada sosok Willie dengan cara mengikuti pria itu. Dari penyelidikannya itu, Sam lalu mendapati bahwa Willie berkomplot dengan Carl.

Ternyata, selama ini, Carl melakukan pencucian uang dan memiliki kerjasama bisnis dengan pengedar narkoba. Carl menyuruh Willie untuk membunuh Sam agar ia bisa mendapatkan kunci apartemen Sam dan Molly.

Carl menduga bahwa di apartemen itulah tempat Sam menyimpan buku berisi kata kunci yang ia butuhkan untuk melaksankan aksi kejahatannya. Ia kemudian berniat untuk memindahkan semua uang hasil penggelapan itu ke dalam sebuah akun bank fiktif atas nama “Rita Miller”.

Sam kemudian berjumpa dengan sesosok hantu yang menghuni area stasiun kereta bawah tanah di New York. Dari hantu ini, Sam mempelajari cara untuk bisa menggerakan benda fisik yang ada di sekitarnya meskipun ia telah berubah menjadi hantu.

Review Sinopsis Ghost

Review Sinopsis Ghost

Review Sinopsis Ghost

Setelah berhasil menguasai kemampuan itu, Sam lalu menemui Oda Mae. Ia sekali lagi meminta bantuan Oda Mae untuk mengambil uang yang disimpan oleh Carl dalam akun bank fiktif bernama “Rita Miller” itu. Sam meminta Oda Mae untuk mencairkan semuanya sebelum semua uang itu bisa digunakan oleh Carl.

Oda Mae setuju. Ia menyamar sebagai Rita Miller dan pergi ke bank yang disebutkan oleh Sam. Di sana, Oda Mae menutup rekening bank yang berisi uang senilai $4 juta tersebut dan mendonasikan semua uang itu untuk amal.

Di sisi lain, Carl merasa panik karena semua uangnya hilang. Saat berusaha menelusuri kemana perginya semua uang itu, Sam lalu berusaha memberitahukan tentang keberadaannya dengan mengetikkan namanya di keyboard komputer Carl.

Carl lalu mendatangi Molly. Molly mengatakan bahwa ia sebelumnya sempat melihat Oda Mae menutup sebuah akun rekening di bank.

Mendengar keterangan Molly ini, Carl dan Willie lalu segera menuju ke tempat tinggal Oda Mae. Tapi, sebelum mereka tiba, Sam telah terlebih dahulu mengingatkan Oda Mae dan kakaknya untuk pergi dan bersembunyi.

baca: Review Sinopsis Film Doctor Sleep (2019), Sekuel The Shining Bertema Horor Supranatural

Saat Willie sampai di rumah Oda Mae, Sam lalu mengusik pria itu. Willie lalu menjadi ketakutan dan berusaha kabur. Ia berlari ke tengah jalan tanpa menyadari bahwa ada mobil yang sedang melaju.

Review Sinopsis Ghost

Willie pun tewas seketika di jalanan itu. Nampak beberapa iblis muncul dan membawa arwah Willie untuk menuju neraka.

Sam dan Oda Mae pergi ke apartemen Molly untuk memperingatkannya. Sam membuat Molly kembali mempercayai Oda Mae dengan cara menaruh sekeping koin di telapak tangan Molly.

Oda Mae lalu setuju untuk membiarkan dirinya menjadi perantara. Sam merasuki tubuh Oda Mae, sehingga ia bisa berdansa dengan Molly.

Tiba-tiba, Carl menerobos masuk ke apartemen Molly sambil membawa senjata. Sam yang baru saja merasuki Oda Mae tak lagi memiliki tenaga untuk melawan Carl.

Oda Mae dan Molly akhirnya melarikan diri ke bagian loteng bangunan apartemen tersebut. Namun, Carl berhasil mengejar mereka dan mengancam akan menembak Oda Mae.

Sam berhasil memulihkan kekuatannya dan mendorong Carl untuk melepaskan Oda Mae. Carl bergerak cepat dengan ganti menjadikan Molly sebagai tahanan. Ia mengatakan akan membunuh Molly jika Sam tidak memberikan cek uang yang ia inginkan.

Sam berhasil merebut senjata Carl dan menyerangnya. Carl yang ketakutan berusaha melarikan diri melalui jendela.

Review Sinopsis Ghost

Sebelum ia pergi, ia sempat berusaha mengayunkan sebuah kait besi ke arah Sam. Namun, kait itu justru mengenai kaca jendela yang kemudian pecah dan jatuh menimpa Carl. Carl pun tewas tertusuk pecahan kaca jendela. Seperti saat kematian Willie, muncul beberapa iblis yang lalu menjemput roh Carl untuk dibawa ke neraka.

Meski terguncang, Oda Mae dan Molly nampak baik-baik saja. Molly kini bisa mendengar dan melihat Sam. Di mata Molly, roh Sam nampak bercahaya. Rupanya, kini setelah tugasnya melindungi Molly selesai, telah tiba waktu bagi roh Sam untuk melanjutkan perjalanan ke alam berikutnya.

Sam dan Molly berciuman untuk terakhir kali. Ia juga mengucapkan terima kasih pada Oda Mae. Di akhir film Ghost, Sam nampak berjalan pergi menuju sumber cahaya yang nampak seperti surga.

Kesimpulan Film Ghost

baca: Kumpulan film romantis barat terbaru

Film ini berhasil mendapat lima nominasi pada gelaran The Academy Awards ke-63, termasuk untuk kategori Best Picture. Salah satu hal paling menarik dari Ghost adalah karena tokoh utamanya  diceritakan sebagai seorang hantu. Jalan ceritanya pun cukup unik dan tidak seperti film romansa kebanyakan.

Demikian ulasan dan sinopsis film Ghost, semoga kalian semua bisa terhibur.

Sumber foto: Paramount Pictures

Written by Adelia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sinopsis Drama Dong Yi

Review Sinopsis Drama Dong Yi (2010) Episode 1-60 Tamat [Han Hyo Joo & Bae Soo Bin]

Review Sinopsis Film Hachi: A Dog’s Tale (2010)