in

Review Film City of Angels, Malaikat Jatuh Cinta Pada Manusia

Bagaimana jadinya jika seorang malaikat jatuh cinta pada manusia?

Cerita ini bisa ditemukan dalam film romansa fantasi berjudul City of Angels. Film ini merupakan adaptasi ulang dari sebuah film berjudul Wings of Desire. Film produksi Regency Enterprises dan Atlas Entertainment ini didistribusikan oleh Warner Bros. Pictures.

City of Angels disutradarai oleh Brad Silberling, sementara naskahnya ditulis oleh Dana Stevens. Film ini menyuguhkan penampilan akting dari Nicolas Cage yang berperan sebagai Seth, Meg Ryan sebagai Dr. Maggie Rice, Dennis Franz sebagai Nathaniel Messinger, Andre Braugher sebagai Cassiel, serta Colm Feore sebagai Jordan Ferris.

Berikut adalah sinopsis film City of Angels.

Sinopsis Film City of Angels

Dalam film City of Angels, digambarkan bahwa di sekitar manusia, sebenarnya ada banyak malaikat yang menjaga dan mengawasi mereka. Film City of Angels secara khusus mengambil latar di Kota Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Di Kota Los Angeles ini juga terdapat banyak malaikat tak kasat mata yang menjalankan berbagai macam tugas di setiap harinya. Mereka semua berpakaian serba hitam. Meski bisa berinteraksi dengan satu sama lain dan mengawasi manusia, mereka tidak bisa berbicara ataupun menyentuh manusia yang ada di sekitar mereka. Tetapi, jika mereka mau, mereka bisa mengubah diri mereka untuk menjadi kasat mata di depan manusia untuk sejenak.

Para malaikat ini hidup abadi. Di samping itu, mereka tidak pernah membutuhkan makan ataupun minum. Mereka juga tidak memiliki kemampuan untuk mengalami sensasi inderawi maupun merasakan emosi dengan sempurna seperti layaknya manusia.

Di antara para malaikat yang berada di Kota Los Angeles itu adalah seorang malaikat bernama Seth. Seth memiliki tugas khusus untuk menemani dan mengantarkan orang-orang yang sekarat menuju ke alam berikutnya. Ia sering berada di tempat-tempat di mana seorang manusia akan mendekati akhir hidupnya, seperti di rumah sakit.

Salah satu malaikat lain yang menjadi teman dekat Seth adalah Cassiel. Sering kali, saat Seth sedang menjalankan tugasnya bersama Cassiel, mereka mengajak bicara manusia yang akan meninggal. Keduanya menanyakan pada orang itu tentang hal yang paling mereka sayangi dari kehidupan mereka sebelumnya.

Tetapi, kebiasaan ini tidak membantu Seth dalam memahami manusia dengan lebih baik. Keterbatasannya untuk merasakan emosi sebagai malaikat membuat Seth selalu membayangkan bagaimana tepatnya pengalaman hidup manusia.

Suatu hari, Seth sedang bersiap untuk menyambut kematian seorang manusia yang sedang sekarat. Orang yang sedang ditunggui Seth itu adalah seorang pasien yang sedang menjalani operasi jantung di rumah sakit karena penyakit kronis yang dideritanya.

Seth lalu merasa tersentuh saat melihat tekad dokter bedah yang menangani operasi itu, Dr. Maggie Rice, untuk menyelamatkan pasiennya. Walaupun Maggie tahu bahwa pria itu tidak akan bisa tertolong, ia tetap dengan sekuat tenaga berusaha mengerahkan kemampuan terbaiknya.

Setelah melalui proses operasi yang sulit, pasien itu akhirnya meninggal dunia. Maggie merasa bersalah karena tidak berhasil menolong pasien itu. Ia nampak benar-benar terpukul dan kecewa dengan kegagalan operasi tersebut.

Dedikasi dan ketulusan Maggie ini membuat Seth tertarik untuk mengenal lebih jauh sosok Maggie. Ia akhirnya memutuskan untuk mengikuti Maggie serta mengamati aktivitas sehari-hari dokter itu. Maggie pun sering kali mulai merasakan bahwa ada yang tidak biasa, seakan ia bisa tahu bahwa ia sedang diawasi secara khusus oleh seseorang yang tak bisa ia lihat.

Saat Maggie sedang berada di rumahnya sendiri, ia mengalami perasaan yang aneh. Ia tahu bahwa ada sosok lain yang sering mengikutinya.

Pernah suatu kali Seth menampakkan diri kepada Maggie saat ia sedang bertugas di rumah sakit. Saat itu, hanya ada Maggie yang tanpa sengaja melihat Seth sedang berdiri di koridor rumah sakit. Pertemuan itu terasa janggal bagi Maggie dan Maggie menyadari bahwa Seth adalah sosok misterius yang tak biasa.

Seth juga kembali menemui Maggie di perpustakaan kota. Percakapannya dengan Maggie justru membuat Seth untuk semakin tertarik menjalin pertemanan dengan Maggie. Di sisi lain, Maggie sebenarnya sedang dekat dengan salah satu rekan kerjanya di rumah sakit yang bernama Jordan Ferris.

Suatu hari, ketika Seth sedang berada di rumah sakit, ia lalu bertemu dengan Nathaniel Messinger. Nathaniel adalah seorang pria paruh baya dan merupakan salah satu pasien yang dirawat oleh Maggie. Tidak seperti kebanyakan manusia, Nathaniel anehnya bisa merasakan kehadiran Seth maupun malaikat lain yang berada di sekitarnya.

Setelah Seth berbicara dengan Nathaniel, ia pun akhirnya mengetahui bahwa Nathaniel dulu juga adalah seorang mantan malaikat. Sama seperti Seth, ia dulu juga bertugas untuk menjaga dan mengawasi manusia dalam keseharian mereka.

Namun, kehidupan Nathaniel sebagai malaikat berubah ketika suatu hari ia memiliki keinginan untuk menjadi manusia. Menurut aturan yang ada, sebagaimana manusia, malaikat juga diberi kebebasan untuk menentukan pilihan hidupnya.

Jika malaikat mau, mereka bisa berubah menjadi manusia melalui sebuah proses khusus yang dinamakan “falling”. Proses ini mengharuskan malaikat yang ingin berubah menjadi manusia untuk terjun dari atas tempat yang tinggi, seperti gedung pencakar langit.

Sementara Seth semakin akrab dengan Maggie, ia pun juga berteman dengan Nathaniel. Nathaniel mengundang Seth untuk ke rumahnya dan bertemu keluarganya.

Di sana, Nathaniel bercerita bahwa ia ingin menjadi manusia setelah ia bertemu sosok wanita yang dicintainya. Wanita itu kemudian menjadi istri Nathaniel hingga saat ini. Nathaniel juga menjelaskan pada Seth tentang berbagai pengalaman baru yang bisa ia rasakan begitu ia telah sepenuhnya berubah menjadi manusia. Setelah mendengar cerita Nathaniel, keinginan Seth untuk menjadi manusia pun semakin kuat.

Meski begitu, motivasi utama Seth untuk bisa menjadi manusia adalah karena ia ingin bisa bersama dengan Maggie. Setelah keduanya semakin dekat, Maggie mengetahui fakta bahwa Seth sebenarnya adalah seorang malaikat.

Pada akhirnya, keputusan Seth untuk menjadi manusia pun sudah bulat. Ia naik ke atap salah satu gedung pencakar langit di Kota Los Angeles. Ia lalu terjun ke bawah. Tetapi, bukannya mati seperti manusia biasa, Seth pun selamat dan kembali bangkit.

Meski secara umum ia baik-baik saja, Seth mulai berdarah dan merasakan sakit karena tindakan yang ia lakukan itu. Hal ini menandakan bahwa Seth telah sepenuhnya berubah menjadi manusia.

Begitu Seth menjadi manusia, hal pertama yang ia lakukan adalah menemui Maggie di rumah sakit. Ia berjalan ke rumah sakit tempat Maggie bekerja.

Tetapi, sesampainya di rumah sakit itu, Seth diberitahu bahwa Maggie sedang mengambil cuti kerja. Salah satu staf di sana mengatakan bahwa Maggie sedang berlibur di kabin pamannya yang terletak di tepi Danau Tahoe untuk menghabiskan liburan singkat.

Seth memutuskan untuk menyusul Maggie dan pergi ke kabin tempat Maggie singgah di dekat Danau Tahoe. Tetapi, Seth tak menyadari bahwa ia saat itu tak punya uang. Selain itu, Seth yang baru saja menjadi manusia itu pun nampak kebingungan tentang berbagai hal yang terjadi di sekelilingnya.

Seth tidak tahu bagaimana cara agar ia bisa sampai ke Danau Tahoe. Dalam perjalanannya, Seth pun menjadi sasaran dari penjahat yang mengambil barang milik Seth.

Setelah mengalami segala macam kemalangan, Seth akhirnya mendapat tumpangan ke Danau Tahoe. Saat itu, hujan juga turun dengan deras.

Begitu Seth berhasil menemukan alamat kabin milik paman Maggie, ia telah basah kuyup karena hujan. Penampilannya juga berantakan karena berbagai kesulitan yang ia temui selama menuju ke sana.

Maggie membuka pintu kabinnya dan mendapati Seth berdiri di sana. Ia bahagia melihat Seth dan mempersilakan Seth untuk masuk.

Malam itu, Seth lalu menghabiskan waktu yang romantis bersama Maggie. Maggie mengetahui bahwa Seth telah memutuskan untuk berubah menjadi manusia agar bisa bersamanya. Mereka pun resmi menjalin hubungan. Maggie dan Seth merasa senang karena akhirnya bisa bersatu.

Keesokan paginya, Maggie pergi keluar untuk berbelanja kebutuhan pokok. Ia pergi ke toko terdekat dengan menggunakan sepedanya. Sementara Maggie keluar untuk berbelanja, Seth pun memutuskan untuk mandi.

Dalam perjalanan pulang, Maggie merasa ingin meluapkan kegembiraannya. Sambil mengendarai sepeda, ia menutup kedua matanya dan membiarkan tangannya tak menyentuh kemudi. Maggie tak menyadari bahwa ada truk pengangkut gelondongan kayu yang sedang mundur di jalan di depannya.

Kecelakaan pun tak terhindarkan. Tabrakan dengan truk itu membuat Maggie jatuh dari sepedanya dan terluka parah.

Sementara itu, di kabin, Seth mendapatkan firasat buruk tentang Maggie. Ia pun lalu segera berlari untuk menyusul Maggie.

Firasat buruk Seth ini terbukti benar saat ia melihat Maggie terkapar tak berdaya di tengah jalan. Maggie dengan lirih sempat mengatakan pada Seth bahwa ia telah melihat beberapa malaikat sudah bersiap di sana untuk menjemputnya.

Seth yang dulunya adalah malaikat itu juga bisa merasakan keberadaan para malaikat itu. Ia meminta Maggie untuk tidak menatap mereka.

Tetapi, Maggie mengatakan bahwa ia tidak takut untuk menghadapi kematian. Maggie juga mengungkapkan bahwa jika para malaikat itu nantinya menanyakan hal apa yang paling Maggie sayangi dari hidupnya, ia akan menjawab bahwa itu adalah Seth. Setelah mengucapkan itu, Maggie akhirnya meninggal.

Seth kembali ke Kota Los Angeles dengan perasaan duka yang mendalam. Kawan lamanya, Cassiel, lalu mengunjungi Seth. Seth bertanya pada Cassiel apakah kematian Maggie adalah hukuman karena Seth memutuskan untuk menjadi manusia. Namun, Cassiel menjawab bahwa kedua hal itu tidak berhubungan.

Beberapa waktu kemudian, Seth memutuskan untuk bangkit dari keterpurukannya kehilangan Maggie. Ia berusaha lebih mensyukuri kehidupan barunya sebagai manusia. Di akhir film, Seth berlari dengan wajah berseri menyongsong ombak di lautan.

Sekian ulasan dan sinopsis film City of Angels.

Mengisahkan tentang hubungan antara seorang malaikat dan manusia, film City of Angels adalah sebuah drama romansa yang sangat romantis dan menyentuh. Film ini mencoba menampilkan tentang arti ketulusan dan kekuatan cinta. Selain itu, unsur fantasi di dalamnya juga membuat kisah cinta yang diceritakan dalam film City of Angels ini unik.

Sumber foto: Warner Bros. Picture

Written by Adelia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review Sinopsis Film Joker (2019), Awal Kehidupan Pahit Penjahat Legendaris

Review Sinopsis Film Coco (2017), Petualangan Mencari Jawaban Teka Teki